Kaki Bunda Bengkak Setelah Melahirkan? Mau Tahu Solusinya? Inilah 9 Cara Mengatasinya !

kaki bengkak

Bengkak setelah melahirkan – setiap wanita tentunya sangat menanti-nanti memiliki momongan. Terlebih lagi jika sudah berkeluarga, tentunya lahirnya buah hati menjadi harapan paling besar bagi pasangan suami istri. Ada banyak cara yang dilakukan pasangan suami istri (pasutri) agar cepat hamil.

Saat masa-masa kehamilan wanita akan mengalami banyak perubahan secara fisik mau pun mental. Maka dari itu bunda harus mempersiapkan secara lahir dan batin agar menikmati proses selama masa kehamilan. Sangat di sarankan agar bunda banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan gizi dan nutrisi yang sehat.

Tak hanya saat masa kehamilan saja, setelah melahirkan bunda pun akan mengalami perubahan fisik (terutama) misalnya saja yang akan sering terjadi ialah kaki bunda menjadi bengkak setelah melahirkan. Hal ini akan terjadi pada seluruh wanita yang sudah melahirkan.

Mengapa dapat kaki bunda bengkak setelah melahirkan?

Hal tersebut dikarenakan selama masa kehamilan tubuh bunda banyak memproduksi darah dan cairan untuk membantu perkembangan janin yang ada dalam kandungan. Selain kaki bengkak setelah melahirkan, bunda juga akan mengalami peningkatan berat badan sekitar 25% yang disebabkan oleh penimbunan cairan yang ada di dalam tubuh.

Apa penyebabnya Kaki Menjadi Bengkak  setelah Melahirkan?

Artikel ini akan membahas tentang Solusi mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan. Namun, sebelumnya bunda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang membuah kaki menjadi bengkak setelah melahirkan. Kaki menjadi bengkak setelah melahirkan disebabkan oleh beberapa perubahan yang ada di dalam tubuh karena proses kehamilan dan juga persalinan. Berikut ini merupakan beberapa hal yang membuat kaki bunda menjadi bengkak setelah melahirkan antara lain:

  1. Adanya penumpukkan cairan di dalam tubuh, Saat masa kehamilan tubuh bunda akan mengalami produksi lebih banyak hormone estrogen dan progesterone. Dengan meningkatnnya dua hormone tersebut dapat menyebabkan retensi cairan pada tubuh termasuk pada tungkai.
  2. Perubahan rahim yang makin membesar, Perubahan rahim yang kian membesar dapat membuat tekanan vena pada pembulu kaki. Sehingga, aliran darah balik dari bagian-bagian bawah tubuh menjadi terhambat. Inilah yang menjadi salah satu penyebab terjadi penumpukan cairan di tungkai pada saat kehamilan. Setelah melahirkan, rahim bunda akan mendorong darah ke bagian bawah tubuh. Akibatnya membuat kaki menjadi  bengkak setelah melahirkan.
  3.  Pengaruh dari cairan infuse, Cairan infuse memang dapat membuat beberapa bagian tubuh orang menjadi bengkak. Terlebih jika bunda menjalani proses persalinan secara ceasar atau operasi, bunda akan menerimacairan infus, sehingga jumlah cairan tubuh bunda akan bertambah.
  4. Saat melahirkan bunda harus mengejan, Jika bunda melewati masa persalinan secara normal, maka bunda pasti akan melewati saat melahirkan dengan proses mengejan. Saat proses inilah maka akan terjadi peningkatan tekanan ke berbagai area di tubuh sehingga bisa menyebabkan cairan menumpuk pada wajah, lengan, dan kaki.

Bentuk ligament pada tubuh lebih longgar Ligament ialah jaringan ikat. Kaki bengkak setelah melahirkan disebabkan oleh ligament pada seluruh tubuh bund amenjadi lebih longgar. Inilah yang menyebabkan kaki jadi membesar.

Setelah mengetahui apa saja penyebab kaki bengkak setelah melahirkan, maka jangan heran jika ukuran sepatu bunda juga mengalami sedikit perubahan. Namun, tenang saja, karena perubahan tersebut hanya bersifat sementara. Namun pada beberapa orang, perubahan tersebut juga bersifat permanen.

Tak perlu khawatir banyak juga yang mengalami kaki bengkak setelah melahirkan, namun kembali normal dalam beberapa hari. Di bawah ini ada beberapa solusi yang dapat membantu bunda untuk mengatasi kondisi kaki yang mengalami pembengkakan setelah melahirkan.

Walaupun hal tersebut dianggap wajar dan memang sering terjadi, yang mana sifatnya normal tidak berbahaya. Namun, jika bunda merasa khawatir dengan hal tersebut, bunda bisa memeriksakan diri pada dokter, jika bunda mengalami gejalah-gejalah berikut:

  1. Pembengkakan kaki yang tidak kunjung mereda selama lebih dari satu minggu.
  2. Kaki bengkak ditambah dengan sakit kepala dan nyeri pada kaki.
  3. Pembengkakan pada salah satu kaki atau pergelangan kaki dengan rasa nyeri yang hebat.

Jika gejalah-gejalah tersebut bunda rasakan, maka ada baiknya bunda segera memeriksakan diri pada dokter. Sebab, meskipun kondisi kaki bengkak setelah melahirkan tergolong umum, namun jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai hal ini, terutama jika kondisi kaki bengkak setelah melahirkan tidak kunjung mereda.

Baca Juga : Kurangnya Pengetahuan, Inilah Akibat Ibu Hamil Kurang Gizi yang Berakibat Pada Kesehatan Janin !

Dalam istilah kedokteran kaki bengkak setelah melahirkan dikarenakan adanya penambahan cairan pada mata kaki atau seluruh kaki yang disebut dengan peripheral edema. Kasus ini memang sering terjadi pada kondisi bunda yang setelah melahirkan. Di bawah ini ialah beberapa cara untuk mengembalikan kondisi kaki bengkak pasca melahirkan.

Inilah 9 Cara Mengatasinya Pembengkakan di Kaki

  1. Tinggikan posisi kaki bunda ketika sedang duduk, tiduran atau bersantai agar tidak bertambah bengkak,Misal ketika sedang duduk-duduk berikanlah posisi yang bisa Bunda buat untuk meletakkan kaki Bunda agak sejajar dengan posisi lutut atau sedikit lebih rendah. Hal ini membantu mengurangi cairan yang menumpuk di area pergelangan kaki.
  2. Hindari posisi menyilangkan kaki saat duduk karena membuat kaki bengkak setelah melahirkanTernyata posisi menyilangkan kaki saat duduk dapat menghambat peredaran aliran darah sehingga akan menambah kondisi kaki menjadi lebih buruk dan makin membengkak. Jadi selalu ingatlah untuk memposisikan telapak kaki rata dengan lantai.
  3. Hindari mengkonsumsi jenis Makanan Asin karena memperparah kaki bengkak setelah melahirkan , Jenis makanan asin dapat menyebabkan timbunan cairan dalam tubuh bertambah.  Jadi sebisa mungkin kurangi makanan asin seperti kacang asin dan biskuit asin.
  4. Jangan malas untuk berjalan-jalan agar dapat mengurangi resiko kaki bengkak setelah melahirkanCobalah luangkan waktu untuk sedikit peregangan dengan berdiri dan berjalan-jalan di sekitar meja ya, Bunda. Hal ini akan membantu sirkulasi peredaran darah agar lebih lancar kembali.
  5. Coba Memakai Celana Ketat untuk mengurangi kaki bengkak setelah melahirkan,Celana ketat dapat membantu mengurangi kaki bengkak pasca melahirkan, meskipun Bunda merasa agak kurang nyaman, tetapi setidaknya dengan memakai celana ketat, kaki bengkak bisa sedikit berkurang
  6. Mengkonsumsi makanan protein rendah lemak, seperti daging, telur, dan kacang. Jangan lupa bun, untuk mengkonsumsi lima porsi sayur dan buah tiap hari.
  7. Kurangi konsumsi garam, gula, dan lemak.
  8. Dan Perbanyak mengkonsumsi air mineral untuk membantu ginjal mengeluarkan kelebihan cairan. Termasuk juga mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang dapat membantu kerja ginjal, yaitu makanan yang kaya akan vitamin C dan E, seperti jeruk, brokoli, kubis, tomat, dan kacang almond.
  9. Bunda juga harus membatasi mengkonsumsi makanan kemasan yang biasanya mengandung tinggi garam dan zat tambahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *