Bunda Wajib Tahu, Inilah 7 Ciri Ciri Bunda akan Hamil Sebelum dan Sesudah Waktu Haid Selama 1 Minggu !

Ciri-ciri bunda akan hamil – setiap wanita tentunya sangat menanti-nanti memiliki momongan. Terlebih lagi jika sudah berkeluarga, tentunya lahirnya buah hati menjadi harapan paling besar bagi pasangan suami istri. Ada banyak cara yang dilakukan pasangan suami istri (pasutri) agar istrinya benar-benar positif hamil. Misalnya saja hal paling kecil ialah dengan memperhatikan bagaimana ciri-ciri bunda akan hamil. Benar kan bun?

Baik, artikel berikut ini sedikit banyak akan membantu Bunda atau pun calon ayah untuk mengetahui bagaimana sih ciri-ciri bunda akan hamil baik sebelum atau pun sesudah massa haid. Biasanya dapat dikenali ciri-ciri bunda akan hamil selama 1 minggu sebelum atau sesudah haid.

Ada banyak cara yang bisa dijadikan sebagai ciri-ciri atau tanda bunda akan hamil. Misalnya saja dilihat dari bagaimana kondisi psikis atau fisik dari bunda sendiri yang mengalami perubahan. Tapi sebenarnya, ciri-ciri bunda akan hamil dengan akan menstruasi hampir sama. Maka lebih akuratnya jika bunda ragu, bunda bisa menggunakan bantuan alat atau tes uji kehamilan. Biasanya masyarakat cenderung menggunakan test pack. Jika masih ragu, bunda bisa memeriksakan diri pada dokter kandungan.

7 ciri ciri utama bunda akan hamil sebelum dan sesudah waktu haid selama 1 minggu

Ada 7 ciri penting dan paling utama bunda akan hamil, sehingga sangat perlu bunda perhatikan perubahan tersebut, antara lain:

Mudah merasa lelah

Meningkatnya hormone progesterone menjadikan kondisi fisik seorang wanita menjadi menurun dan akan mudah merasa lelah. Rasa lelah tersebut akan terjadi walaupun bunda tidak melakukan banyak kegiatan. Nah, jika bunda merasakan hal yang demikian, bunda dipastikan sedang hamil.

  1. Lebih sering buang air kecil

    Cirri lainnya adalah bunda akan merasa lebih sering buang air kecil atau kalau orang Jawa bilang beseran. Mengapa hal tersbeut bisa terjadi? Karena darah terpompa lebih cepat menuju ginjal. Bisa jadi hormone progesterone yang meningkat dalam tubuh yang membuat bunda akan lebih sering buang air kecil. Sehingga ginjal pun akan memproduksi urine lebih banyak dan memenuhi kandung kemih.

  2. Sensitivitas pada Indra Penciuman

    Sangat beda tipis ya bun antara orang sedang hamil dan menstruasi, dimana rasa sensitive pada indra penciuman lebih berbeda. Namun, saat bunda hamil, indera penciuman cenderung lebih meingkat dan lebih sensitive terhdap segala jenis bau. Rasa sensitive itu pun kemudian mempengaruhi hal lainnya misalnya saja menimbulkan rasa mual.

  3. Mual dan juga muntah

    Ciri ciri bunda akan hamil yang lebih sering dilihat adalah rasa mual dan juga muntah. Rasa mual dan muntah ini dipengaruhi dari hormon estrogen dalam tubuh seorang wanita yang hamil. Hal tersebut menyebabkan meningkatnya asam lambung. Biasanya rasa mual dan muntah ini sering terjadi di pagi hari. Dan dikenal dengan nama morning sickness. Rasa mual dan ingin muntah ini juga bisa dipengaruhi oleh kadar HCG (Human Chorionic Gonadotropin) yang dihasilkan oleh plasenta sehingga memicu perasaan tidak nyaman. Bunda tidak perlu khawatir karena rasa mual dan muntah tersebut akan hilang seiring bertambahnya usia kandungan kehamilan seseorang.

  4. Keluarnya Flek

    Flek yang keluar dari wanita hamil hampir serupa dengan darah haid. Bedanya warna flek ini lebih pucat dari pada darah menstruasi pada umumnya. Kemudian jumlahnya pun lebih sedikit.  Flek pada masa kehamilan terjadi karena proses implantasi embrio di dinding rahim, sehingga pembuluh darah di sekitar dinding rahim pecah dan akhirnya mengeluarkan darah dari vagina.

  5. Payudara terasa Nyeri dan Mulai Membesar

    Untuk ciri-ciri yang ini sangat mirip dengan tanda tanda PMS, dimana bagian payudara lebih sensitive dan mengalami pembesaran. Payudara bunda akan terus mengalami peningkatan membesar dan terasa lembut selama masa kehamilan. Hal itu disebabkan oleh hormone kehamilan seorang wanita untuk menyusui sang buah hati.

  6. Merasa Sensai Seperti ada Rasa Logam di Dalam Mulut

    Selain sensitivitas pada indra penciuman, bunda juga merasakan sensasi seperti ada rasa loga di dalam mulut. Misalnya rasa seperti sendok atau apa pun. Rasa logam yang aneh itu dapat membuat bunda akan mual dan bahkan tidak akan menyukai jenis makanan tersebut.

    Selain ciri ciri bunda akan hami di atas, juga ada beberapa ciri lain yang menjelaskan bahwa bunda diprediksi akan hamil, di antaranya:

a. Bunda Mengalami Keputihan

Memang keputihan sering dialami oleh semua perempuan normal. Keputihan yang normal berwarna putih hingga kekuningan dengan aroma khas tidak busuk. Ketika bunda sedang hamil, maka frekuensi keputihan lebih sering keluar dan meningkat. Hal tersebut memang sangat wajar. Namun, jika cirri keputihan yang bunda alami sedikit berbeda, maka bunda bisa berkonsulatasi dengan dokter.

b. Bagian tubuh membesar

Bukan hanya payudara saja yang mengalami proses pembesaran. Bisa juga pada bagian paha, lengan, dan bokong. Bunda bisa merasakan saat menggenakan pakaian yang akan lebih terasa sempit.

c. Sering merasa perut kembung

Wanita hamil akan cenderung merasakan perut menjadi sering kembung. Perut akan terasa sakit dan tidak nyaman. Biasanya di tandai dengan buang angin dan bersendawa.

d. Sakit Pinggang

Adanya peningkatan kadar hormon kehamilan dapat membuat bunda akan merasakan sakit pinggang. Bunda bisa meredakannya dengan mengompres pinggang menggunakan air hangat, mengoleskan minyak angin atau miyak kayu putih, serta lakukan istirahat cukup tidak melakukan aktivitas yang berat. Saat tiudr bunda juga bisa mengganjal pinggang dengan bantal akan terasa nyaman.

e. Memiliki nafsu makan yang meningkat

Walaupun sering mual, namun rasa ingin makan atau nafsu makan pun akan meningkat. Ini terjadi karena reaksi perubahan psikis akibat pengingkatan hormon kehamilan. Hal ini bukanlah masalah, asalkan bunda dapat memilih makanan yang bergizi dan tidak mengkonsumsi makanan junk food dan juga jajan sembarangan.

f. Terjadi kram pada perut

Kram perut yang terjadi saat bunda merasa telat haid bukan berarti bunda akan menstruasi, namun bisa jadi bunda akan hami. Jadi bunda jangan anggap remeh. Rasa kram pada perut tersebut ajan berlanjut hingga masa trisemester yang kedua dan akan membaik saat posisi uterus (rahim) sudah berada di tengah-tengah dan telah disangga oleh panggul. Jika bunda merasa sangat tidak nyaman dengan kram perut ini, bunda bisa menanganinya dengan cara mengompres bagian perut dengan menggunakan handuk hangat atau juga botol yang diisi air hangat.

Baca Juga : Perlukah diet untuk ibu hamil ? Ini saran Dokter !

Suhu yang tinggi pada penghangat akan membuat otot di sekitar perut menjadi rileks dan melancarkan peredaran darah. Bunda juga bisa mengubah posisi tidur. Bunda, bisa tidur dengan posisi meringkuk untuk membantu meredakan nyeri dan rasa kaku pada perut. Akan tetapi jika bunda mengalami kram perut hingga sulit untuk bangun, segera lakukan pemeriksaan dengan dokter.

Itulah tadi beberapa ciri ciri bunda akan hamil dan beberapa ciri ciri lainnya yang kami paparkan, semoga artikel ini bermanfaat bagi bunda
Mohon di Share Jika bermanfaat ya bun… 🙂

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *