Bunda Ingin Hamil Lagi? Inilah 20 Perawatan yang Ideal Pasca Keguguran tanpa Kuret !

keguguran tanpa kuret

keguguran tanpa kuret – terjadinya keguguran saat masa hamil merupakan hal yang menyakitkan bagi seorang perempuan. Keguguran ditandai dengan terjadinya pendarahan yang cukup banyak. Tahukah bunda jika terjadinya keguguran itu dibedakan menjadi dua? Pertama keguguran dengan kuret dan kedua keguguran tanpa kuret.

Bagi pasangan suami istri yang sudah sah, keguguran terjadi dikarenakan beberapa faktor.  Yang paling utama dikarenakan terdapat kelainan kromosom dan menyebabkan pertumbuhan janin tehambat bahkan berhenti. Ada juga yang disebabkan oleh racun, infeksi, gangguan fisik, dan bisa juga karena kelebihan berat badan loh bun…

Keguguran yang dilakukan dengan cara kuret biasanya dikarenakan kondisi dari kandungan bunda sudah sangat parah. Dokter selalu memberikan opsi kepada pasangan sebelum melakukan kuret. Dokter juga memberikan gambaran-gambaran yang terjadi dari perkembangan kandungan bunda. Jika kandungan bunda semakin memburuk maka dokter menyarankan untuk kuret.

Sedangkan masalah keguguran tanpa kuret juga bisa jadi terjadi pada beberapa perempuan. Biasanya keguguran tanpa kuret ditandai dengan :

  1. Nyeri pada punggung bagian bawah
  2. Nyeri perut seperti kram
  3. Mengalami flek atau bercak darah
  4. Pendarahan dari vagina
  5. Demam serta tubuh menjadi lemas

Tanda-tanda itu terkadang dianggap sepele. Jika bunda mengalami tanda-tanda demikian, bunda bisa memeriksakan langsung pada dokter. Karena kemudian dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dengan USG. Lalu, jika dirasa sangat membahayakan, maka bunda disarankan untuk kuret. Namun sebanyak 50% perempuan mengalami keguguran tanpa kuret.

20 Perawatan yang Ideal Pasca Keguguran tanpa Kuret

Setelah mengalami keguguran tanpa kuret maka bunda pun akan mengalami perubahan yang berbeda pasca keguguran. Untuk itu di bawah ini ada beberapa cara memulihkan kondisi kandungan Bunda. Sangat cocok untuk bunda yang ingin hamil lagi setelah keguguran tanpa kuret.

Apa saja? Berikut ini ulasannya, antara lain:

  1. Banyak beristirahat jangan terlalu lelah

Jika bunda baru seja mengalami keguguran tanpa kuret, bunda disarankan untuk tidak melakukan aktivitas yang berat. Bunda harus banyak beristirahat agar stamina tetap terjaga.

  1. Minum obat pereda rasa nyeri

Selama beberapa hari bunda akan sering mengalami kram perut atau rasa nyeri di perut. Maka disarankan jika tidak sanggup menahan sakitnya, bunda bisa meminta obat pereda rasa nyeri pada dokter.

  1. Jangan berhubungan seksual

Jika setelah mengalami keguguran, sangat tidak disarankan untuk berhubungan seksual terlebih dahulu, karena akan menambah pendarahan pada vagina anda.

  1. Jangan menggenakan tampon

Bunda tidak disarankan menggenakan tampon hingga masa menstruasi bunda kembali datang.

  1. Jangan mengangkat beban yang berat

Hindarilah untuk beraktivitas yang berat. Misalnya mengangkat benda-benda berat. Lebih baik mintalah bantuan orang terdekat. Jika dipaksa kondisi fisik bunda akan semakin lemah.

  1. Melakukan olahraga ringan

Banyak beristirahat bukan berarti tidak berolahraga ya bun. Bunda bisa melakukan olahraga ringan. Misalnya dengan jalan santai, tujuannya agar sisa darah yang ada di rahim bisa keluar.

  1. Mengkonsumsi air kelapa muda

Air kelapa muda diperkaya dapat membantu melunturkan darah yang tersisa di dalam rahim. Jika darah tersebut tidak luluh, dikhawatirkan bund aakan terserang penyakit. Maka minumlah air kelapa muda agar menghambat pertumbuhan bakteri dan selain itu darah jaringan akan keluar dengan sendirinya selama 3-4 hari setelah mengkonsumsi air kelapa muda 1 buah.

  1. Mengkonsumsi kulit buah manggis

Kulit manggis mengandung banyak manfaatnya. Salah satunya adalah untuk perawatan setelah keguguran tanpa kuret. Fungsinya adalah untuk mengeluarkan sisa janin, mengeluarkan sisa darah, bahkan menguatkan rahim Bunda.

  1. Minum banyak air putih

Mengkonsumsi air putih memang memiliki banyak khasiat. Salah satu perawatan yang paling penting adalah ibu harus banyak-banyak minum air putih supaya janin dapat bersih dan keseimbangan tubuh juga terjaga. Minimal minum sebanyak 8 gelas per hari atau lebih supaya tubuh tetap bugar ya bunda.

Baca Juga : Perlukah Diet untuk Ibu Hamil ? Ini Saran Dokter !

  1. Mengkonsumsi ramuan air rebusan daun sirsak

Senyawa linoleic acid, acetogemis, dll dalam daun sirsak dapat membantu penyembuhan pasien yang memiliki penyakit kanker. Air rebusan daun sirsak ini juga bisa membantu Bunda untuk membersihkan rahim Bunda setelah Anda keguguran tanpa kuret. Bunda bisa mengkonsumsi air rebusan daun sirsak ini setiap pagi hari ya  bunda. Buah sirsak sendiri juga sangat baik untuk mengatasi berbagai penyakit, terutama pada alat reproduksi perempuan dan rentan terrjadi keguguran.

  1. Mengkonsumsi rebusan air daun sirih

Sudah sejak jaman nenek moyang, daun sirih menjadi salah satu obat tradisional yang memiliki segudang manfaat. Air rebusan daun sirih ini dapat membantu membersihkan jaringan atau darah yang ada di dalam rahim bunda. Bukan hanya untuk perempuan yang keguguran saja, perempuan setelah menstruasi disarankan juga mengkonsumsi rebusan air daun sirih, agar sisah darah menstruasi bisa luntur dengan bersih, sehingga tidak menimbulkan penyakit lain.

  1. Sering berkonsultasi dengan dokter

Jika bunda telah mengalami keguguran tanpa kuret sangat disarankan bunda berkonsultasi dengan dokter. Sehingga anda dapat mengetahui bagaimana kondisi dari kandungan bunda.

  1. Konsumsi asupan nutrisi yang cukup

Bunda juga harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang cukup untuk kesehatan tubuh. Fungsinya agar tubuh dapat kembali menjadi lebih sehat dan segar. Dan yang paling penting usahakan untuk makan yang teratur yang bun.

  1. Konsumsi sumber makanan yang kaya akan serat

Sumber makanan yang kaya akan serat tinggi, dapat membantu sistem pencernaan bunda menjadi lebih baik. Makanan yang kaya akan serat juga dapat mencegah terjadinya  gangguan kesehatan seperti kanker indung telur, kanker rahim yang mungkin di sebabkan karena tidak bersihnya rahim setelah keguguran tanpa kuret.

  1. Mengkonsumsi minuman kunyit asam

Sama seperti rebusan air daun sirih, kuntit asam juga sangat baik untuk membersihkan sisa darah yang ada di dalam tubuh.  Dengan mengkonsumsi minuman kunyit asam perlahan rahim akan bersih.

  1. Hindari Stress

Tidak bisa dipungkiri stress memang membuat metabolism tubuh menjadi menurun. Ada baiknya bunda mengontrol emosi stress bunda, jika bunda ingin segera memiliki momongan lagi. Kunci utama yang bisa mengatasi rasa stress dan tekanan itu hanya Anda sendiri. Usahakanlah elalu berpikiran positif supaya kondisi cepat membaik.

  1. Rajin memeriksa suhu tubuh

Jika rahim tidak bersih karena ada sisa darah yang masih tertinggal, akan berakibat pada infeksi rahim. Dampaknya adalah dapat membuat suhu tubuh menjadi tinggi. Jika bunda mengalami demam tinggi dikhawatirkan sedang mengalami gangguan kesehatan tubuh atau mengalami infeksi. Jika suhu diatas 37,6 derajat celcius maka bunda harus memeriksakan diri ke dokter.

  1. Tidak berhubungan intim selama 1 bulan

Kondisi rahim dan vagina yang masih lemah membuat bunda disarankan tidak berhubungan intim dengan suami setelah keguguran tanpa kuret. Paling tidak bunda tidak melakukan hubungan intim itu selama 1 bulan. Tujuannya agar kondisi vagina lebih mudah pulih.

  1. Mengikuti program senam yoga

Yoga sangat membantu sekali untuk memulihkan kondis tubuh bunda. Dengan mengikuti senam pelatihan yoga dapat mengurangi stress dan kondisi fisik pun menjadi lebih bugar. Senam yoga juga sangat baik untuk kesehatan rahim bunda sehingga siap untuk hamil lagi setelah keguguran dan juga bisa membuat rahim menjadi bersih.

  1. Jangan sampai lelah ya bun

Dan yang terakhir terus menjaga kondisi tubuh agar tidak sampai lelah. Jika merasa sedikit lelah berhentilah dari aktivitas dan cobalah untuk beristirahat.

Demikian tips  ini kami sampaikan kepada bunda, semoga bunda di jauhkan dari keguguran dan di harpakan hamil dengan sehat sampai si buah hati lahir dalam keadaan sehat wal afiat 🙂
jangan lupa di shared ya bun…. 🙂

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *