Inilah 5 Jenis Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil agar Tetap Sehat Sampai Melahirkan !

5 Jenis Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil – Nafsu makan ibu berkurang? Emosional menurun di tambah lagi masalah kesehatan yang tidak stabil, sering muntah-muntah dan mual-mual.

Nah, bagi calon ibu hamil ini merupakan fase di mana ibu pasti mengalami hal seperti ini. Ini merupakan fase awal kehamilan.

Sering sekali bagi calon ibu hamil tidak menyadari hal seperti ini…

Lantas, harus bagaimana?

Faktornya adalah makanan yang ibu konsumsi.

Inilah  yang harus ibu  perlu perhatikan…

Makanan yang ibu makan adalah makanan yang akan di makan bagi calon bayi ibu. Asupan nutrisi dan gizi harus di perhatikan, agar calon bayi yang ibu lahirkan terlahir  sehat. Karena makanan yang  kaya akan nutrisi dan zat gizi  menjadi  tameng dari penyakit yang sering terjadi pada kehamilan.

Bayi yang ibu kandung sangat memerlukan asupan gizi yang cukup, agar perkembangan dan pertumbuhannya baik dan sehat. Namun, sebagian ibu hamil kebanyakan  tidak memeperhatikan ini, misalnya terlalu mengkonsumsi suplemen yang berlebihan dan beranggapan ini salah satu alternatif  yang baik untuk kesehatan si bayi, padahal tidak begitu.

Tidak hanya di situ, ibu harus mengatur pola makan yang  baik. Pola makan yang baik di dasari dengan makanan yang bergizi.

Lalu makanan bergizi seperti apa?

Mari kita simak 5 jenis makanan bergizi untuk ibu hamil yang akan kami paparkan…

  1. Daging Merah : sumber zat besi yang terdapat pada daging sapi, kambing, ayam, namun kami sarankan hanya daging sapi saja, karena daging sapi memiliki kandungan mioglobin yang tinggi, fungsi mioglobin adalah meningkatkan asupan oksigen ke seluruh tubuh.Zat besi berperan aktif bagi kesetabilan tubuh ibu, kekurangan zat besi akan mengakibatkan bayi ibu menjadi prematur, sungguh ini tidak di inginkan oleh setiap ibu bukan?Satu lagi, di sisi lain ibu yang sedang hamil jika kekurangan zat ini, ibu berpotensi terkena anemia (kurang darah). Tentu saja, ini yang tidak di harapkan.Ups iya.., jangan lupa bagi ibu yang sedang mengkonsumsi daging sapi ini, sebaiknya  sewaktu membersihkan jangan lupa bersihkan lemak – lemak tersisa  yang menempel di permukaan daging. Cucilah daging sebersih bersihnya sebelum ibu memasaknya.
  2. Sayuran : kenapa sayuran? Sayuran  merupakan  makanan yang sering kita konsumsi setiap hari, baik orang dewasa maupun anak anak sangat  suka dengan jenis makanan ini. Nah, untuk ibu hamil sayuran merupakan makanan yang mengandung asam folat yang tinggi.Asam folat sangat berfungsi bagi kesehatan ibu yang sedang hamil maupun bayi ibu sendiri. Diantaranya berperan sebagai :- mencegah kemungkinan cacat pada otak bayi- mencegah cacat pada bagian sumsum  tulang belakang- membantu reproduksi sel sel baru yang sudah rusak atau mati- mencegah perubahan DNA yang menyebabkan sakit kankerJenis sayuran ini tidak sulit kita jumpai, di pasar atau di warung sayur, seperti Sayur Bayam, brokoli, kangkung, kubis, selada, jagung dan sayuran hijau lainnya.
  3. Buah-buahan : Nah, poin ke 3 ini merupakan salah satu pendorong kelangsungan ibu dalam masa kandungan. Mengkonsumsi buah-buahan setiap hari sangatlah dianjurkan bagi ibu sebagai pendorong nutrisi dan gizi bagi kesehatan ibu maupun bayi ibu sendiri.Buah- buahan apa saja yang baik untuk di konsumsi?Secara umum buahan-buahan baik untuk di konsumsi bagi siapa saja. Bagi ibu hamil , ada beberapa buah buahan yang baik  untuk dikonsumsi, di anataranya- Apel merupakan buah buahan yang mengandung asam malat dan tanin yang berfungsi untuk mengurangi terjadinya pembekaan seperti pembekaan pada siku tangan dan kaki serta mengurangi rasa mual mual yang sering terjadi di saat ibu sedang hamil.- Anggur merupakan buah buahan yang kaya akan vitamin , diantaranya vitamin A, C  dan B1. Mengkonsumsi Anggur sangat bermanfaat untuk membantu perkembangan otak bagi  janin serta mengurangi resiko cacat otak bagi janin.- Alpukat merupakan buah buahan yang baik untuk ibu konsumsi, kandungan di dalam buah ini seperti asam folat , vitamin B komples dan kalium yang  akan membantu menjaga kesehatan dan kestabilan sewaktu ibu mengandung. Bukan itu saja, buah ini sangat membantu ibu dalam mengurangi gejala mual mual yang sering terjadi ketika sedang hamil.
  4. Ikan : nah, ikan tak kalah penting dengan jenis makanan di atas, karena ikan salah satu jenis makanan yang sangat di anjurkan  oleh dokter dan pakar ahli kandungan. Namun, tidak semua jenis ikan yang baik untuk di konsumsi selama masa kehamilan.Jenis ikan yang umunya tidak boleh di konsumsi adalah ikan-ikan laut, karena ikan ini banyak mengandung merkuri berlebihan.Lantas apa itu merkuri ?Merkuri adalah senyawa kimia organik dan anorganik yang mengandung logam, biasanya terdapat di air dan laut yang tercemar oleh limbah pabrik. Efek jika mengkonsumsi senyawa ini berakibat buruk pada organ vital bagi tubuh kita, seperti ginjal, jantung, sistem syaraf serta sistem kekebalan tubuh.Bagi ibu yang sedang hamil, di sarankan jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi ikan ini, bahakan kami tidak menyarankan untuk mengkonsumsi ikan mengandung senyawa ini.Jadi, ikan apa yang baik untuk ibu konsumsi selama masa kehamilan?
    1. Ikan lele : ikan ini sangat mudah di jumpai bahkan sangat banyak di jual di pasar pasar ikan.

    Ikan ini merupakan salah satu ikan air tawar yang sangat disukai masyarakat pada umumnya, selain enak , juga banyak kandungan gizi  dan protein yang tinggi di dalamnya.

    Untuk ibu hamil, ikan ini sangat menunjang pertumbuhan bayi. Di anataranya pembentukan tulang janin dan menyehatkan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

    1. Ikan Mas : kalau ikan ini tak kalah enaknya dengan ikan lele, apalagi ikan ini di sayur gulai rasanya pasti maknyos, buat lidah seperti di manja. Selain enak, ikan mas memiliki kandungan yang sangat baik diantaranya kalsium dan fosfor sehingga mencukupi kebutuhan gizi bagi ibu hamil.
    2. Ikan belut : belut termasuk golongan ikan yang terbilang unik, karena bisa di analogikan hewan ini berbentuk ular, namun bukan sejenis ular. Belut banyak sekali mengandung nutrisi yang baik untuk ibu hamil.

    Seperti kalsium, vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, Viramin C, vitamin E dan juga kaya akan kandungan omega 3 dan 6.

    Manfaat mengkonsumsi belut :

    – menjaga penglihatan

    – menjaga kesehatan jantung

    – meningkatkan  perkembangan otak bayi

    – mencegah terhindar dari kanker payudara

    – meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

    Catatan penting : jenis ikan di atas baik untuk di konsumsi bagi ibu hamil, bahkan sangat di rekomondasikan oleh dokter  kandungan, karena jenis ikan tersebut bebas dari zat merkuri dan sumber habitatnya tidak di laut melainkan di air tawar ataupun sungai.

  5. Kacang-kacangan : salah satu makanan yang memiliki nutrisi yang cukup lengkap sehingga dapat membantu proses pertumbuhan kembang janin ibu. Nah, apa saja manfaat kacang dan jenis kacang apa saja yang baik untuk ibu hamil ?
    1. Kacang hijau

    Kacang ini tergolong memiliki kaya akan kandungannya di anataranya kalsium, lemak nabati, asam folat, karbohidrat, dan vitamin lainya.

    Manfaatnya :

    – menguatkan tulang ibu

    – membantu proses penyerapan protein

    – membentuk jaringan syaraf janin

    – melancarkan pencernaan selama hamil

    – membentuk pertumbuhan tulang dan gigi janin

    1. Kacang kedelai

    Kacang ini sering kita jumpai di dapur ibu, tahu dan tempe  merupakan bahan dasarnya adalah kacang ini. Selain itu, kacang ini bisa di jadikan susu kedelai. Nah, susu kedelai  inilah salah satunya yang wajib ibu konsumsi sehari hari namun harus tetap seimbang . Kenapa ?

    Berdasarkan penelitian, ibu yang sering minum susu kedelai setiap hari akan memiliki risiko osteoporosis  56% ” lebih rendah “ di bandingkan dengan ibu yang tidak meminumnya.

    Apa saja manfaat kacang ini ?

    – meringankan gejala monopause

    – membantu kognitif ibu hamil

    membantu pertumbuhan janin

    – sebagai sumber energy

    1. Kacang merah

    Kacang ini memiliki kadar kandungan yang kaya akan nutrisi, sehingga aktivitas keseharian ibu ketika banyak mengeluarkan energy  tetap terjaga secara optimal.

    Manfaatnya :

    • Memperlancar system pencernaan
    • Mengurangi resiko penyakit jantung
    • Mencegah kolestrol jahat
    • Menambah stamina dan energy
    • Menjaga kesehatan kulit
    • Membantu perkembangan sel otak dan sel darah merah pada janin

    Itulah beberapa jenis makanan bergizi yang baik dan sehat untuk ibu konsumsi selama masa kehamilan sampai melahirkan.

    Semoga artikel ini bermanfaat dan kami doakan semoga Ibu dan bayi ibu terlahir dalam keadaan sehat.

     

    Jika artikel ini bermanfaat silahkan share…

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *