Saran Dokter, Inilah 5 Makanan Pantangan ketika Ibu sedang Hamil !

makanan pantangan bumil

Makanan Pantangan Ibu Hamil – Menjaga pola makan saat sedang hamil adalah hal yang wajib Bunda lakukan. Pasalnya selain mengkonsumsi makanan yang kaya akan gizi dan nutrisi baik untuk si buah hati. Bunda juga harus megetahui apa saja makanan pantangan ketika ibu sedang hamil. Apa saja yuk simak artikel berikut ini ya Bun.

Pada dasarnya semua manusia memang membutuhkan makanan dan minuman yang bergizi. Begitu pun juga dengan Bunda yang sedang hamil. Bunda sangat membutuhkan nutrisi yang lebih banyak. Namun, bunda harus memperhatikan menu makanan yang bagaimana yang bisa dikonsumsi saat periode hamil muda dan tua.

Selama masa kehamilan tentu hampir setiap hari Bunda akan mengalami rasa mual bahkan muntah bukan? Biasanya hal tersebut terjadi pada 3 bulan pertama. Walaupun demikian Bunda harus tetap menjaga dan mengatur gizi makanan sehari-hari. Periode kehamilan ini yang lebih rentan untuk diwaspadai.

Pada usia kehamilan 1-3 bulan sangat penting untuk diperhatikan makanan apa saja yang bunda konsumsi. Karena pada usia tersebut janin baru mulai masa pertumbuhan dan membutuhkan nutrisi vitamin yang bagus dari makanan yang dikonsumsi oleh Bunda.

5 Makanan Pantangan ketika Ibu sedang Hamil

Nah, khusus untuk Bunda yang sedang dalam proses hamil muda. Ada beberapa jenis makanan pantangan ketika ibu sedang hamil muda loh Bun. Mengapa?

Karena dalam usia kehamilan tersebut, janin dalam kandungan masih dalam masa pertumbuhan dan penuh kerentanan. Bahkan jika Bunda tidak menjaga menu makanan pantangan saat hamil mudah, di khawatirkan rentan terjadi keguguran.

Baca Juga : Inilah 5 Jenis Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil agar Tetap Sehat Sampai Melahirkan !

Lalu apa saja sih makanan pantangan ketika ibu sedang hamil muda yang tidak boleh dikonsumsi? Berikut ini sedikit penjelasannya, antara lain:

  1. Jenis makanan yang masih mentah

    Menu makanan Indonesia sekarang ini banyak di jumpai mengadopsi dari menu makanan kebara-baratan. Bahkan sudah banyak menu makanan western yang bisa dengan mudah dikonsumsi di Indonesia. Rata-rata makanan western tersebut banyak mengandung olahan bahan makanan yang masih mentah. Misalnya saja sushi. Makanan khas Jepang ini diisi dengan jenis ikan bisa tuna atau salmon yang diolah setengah matang bahkan mentah.

    Menu makanan yang seperti itulah yang harus di hindari oleh Bunda yang masih memiliki usia kandungan mudah. Mengapa makanan mentah atau setengah matang harus dihindari? Sebab, makanan yang masih mentah atau setengah matang terkadang masih mengandung bakteri atau virus yang belum mati. Jika Bunda sering mengkonsumsi menu makanan tersebut, maka di khawatirkan dapat mengganggu pertumbuhan janin atau bayi anda.

    Apa saja sih bahan makanan mentah yang menjadi menu makanan pantangan ketika ibu hamil muda?

    Jenis makanan mentah yang harus Bunda hindari misalnya, daging mentah, telur setengah matang, telur mentah, ikan mentah dan lain-lain. Jadi, sangat disarankan agar Bunda memasaknya lebih matang dengan baik juga menjaga kebersihan. Sehingga, sangat lebih baik jika tidak dikonsumsi dengan olahan seperti ya, Bunda.

  2. Pantangan Ibu Hamil Muda Dilarang Mengkonsumsi Seafood

    Selain mengkonsumsi makanan mentah atau pun setengah matang, Bunda yang masih memiliki usia kandungan muda pun dilarang mengkonsumsi seafood. Namu, tidak semua jenis seafood harus bunda hindari loh. Karena gizi dari ikan laut juga sangat penting untuk perkembangan calon buah hati Bunda. Terutama seafood yang banyak mengandung omega 3 sangay baik untuk pertumbuhan janin anda.

    Namun, Bunda sangat tidak disarankan mengkonsumsi seafood yang banyak mengandung merkuri. Karena kandungan merkuri yang tinggi pada ikan dapat merusak perkembangan otak bayi. Jadi, Bunda harus berhati-hati memilih menu masakan seafood. Jika Bunda ingin tahu jenis seafood yang mengandung merkuri di antaranya adalah makanan olahan pada King Markerel, udang, kepiting, ikan hiu dan salmon.

  3. Minuman Bersoda dan Makanan yang diolah dengan Alkohol

    Untuk menu makanan yang satu ini, memang menjadi makanan pantangan ketika ibu hamil muda maupun tua. Karena ibu hamil sangat dilarang mengkonsumsi minimal yang mengandung alcohol, serta makanan yang di olah dengan menggunakan campuran alcohol. Misalnya saja minuman jenis red wine yang konon dapat menghangatkan tubuh, itu tetap harus Bunda hindari ketika sedang hamil.

    Karena, segala jenis makanan dan minuman yang mengandung alcohol dapat menjadi toksin racun bagi Janin atau Bayi anda. Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung soda dan alcohol dapat menyebabkan fetal alcohol syndrome yang berakibat dapat mengganggu perkembangan mental anak.

  4.  Makanan berupa Daging Olahan

    Jenis makanan olahan memang sudah sanagt beragam. Salah satunya adalah daging olahan. Sudah ada banyak sekali daging olahan yang beredar dipasaran. Bahkan, terkadang daging-daging olahan tersebut untuk tingkat kehiginisannya masih dianggap kurang. Bahkan beberapa penelitian ada yang menyebutkan mengkonsumsi daging olahan secara terus menerus dapat beresiko mati muda.

    Maka dari itu daging olahan dikonsumsi secara terus menerus saja tidak baik, apalagi untuk ibu hamil. Ibu hamil memang sangat dilarang untuk mengkonsumsi daging olahan. Di karenakan proses pengolahan daging tersebut yang belum tahu tingkat kehiginisannya.

  5. Mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung kafein

    Ada banyak versi yang menjelaskan tentang menu makanan pantangan yang mengandung kafein untuk Ibu hamil. Beberapa studi penelitian menyebutkan, bahwa mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang wajar akan bermasalah bagi ibu hamil, bahkan dapat berakibat mengalami keguguran. Nah, Bunda yang sebelum hamil suka mengkonsumsi kopi atau roti yang memiliki varian rasa mocca. Harap dihindari ya bun. Menghindari mengkonsumsi jenis makanan atau minuman yang mengandung kafein lebih baikn di hindari saat usia kandungan masih sangat muda. Karena pada periode tersebut rentang terjadi.

    Itulah tadi beberapa informasi mengenai makanan pantangan untuk ibu hamil yang di sarankan dokter.
    Semoga bunda yang saat ini sedang hamil diberikan kesehatan yang baik….  🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *