Simple aja ! Inilah 5 makanan penyubur agar cepat hamil !

Makanan  penyubur agar cepat hamil – masa kehamilan adalah masa yang paling didambakan oleh pasangan yang baru saja menikah. Nah, jika anda salah satunya, artikel berikut ini bisa menambah pengetahuan anda agar lebih cepat mendapatkan momongan. Berikut ini sedikit pembahasan tentang makanan penyubur agar cepat hamil. Pembahasan kali ini sangat cocok untuk anda yang tidak ingin terlalu lama menunda kehamilan. Sebelumnya apa saja sih yang harus anda persiapkan agar cepat mengalami proses kehamilan?

Tentunya hal pertama yang perlu diperhatikan ialah makanan sehari-hari yang anda konsumsi.

Kandungan Makanan Sehat yang Perlu anda Konsumsi

Agar cepat mendapatkan momongan anda harus memperhatikan jenis makanan apa yang anda konsumsi. Anda perlu memperhatikan bagaimana kandungan makanan penyubur agar cepat hamil yang biasa anda konsumsi sehari-hari. Mengapa?

Karena selama masa kehamilan anda harus membutuhkan nutrisi tambahan yang tepat untuk kesehatan buah hati dan diri anda sendiri.

Nah, agar tidak salah mengkonsumsi makanan, maka anda bisa mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan dapat mendukung proses kehamilan dengan cepat.

Bunda bisa mengkonsumsi makanan yang tepat dan juga dapat membantu menyimpan nutrisi yang akan dibutuhkan oleh Bunda sendiri dan si Kecil pada saat masa kehamilan. Mari kita lihat kandungan nutrisi makanan seperti apa yang bunda perlukan:

1. Makanan yang kaya akan folat

Makanan yang paling utama dibutuhkan untuk wanita yang ingin cepat mendapat momongan ialah makanan yang kaya akan folat. Folat dapat membantu untuk proses pembentukan otak dan syaraf tulang belakang bayi. Makanan kaya akan folat sangat dibutuhkan saat berencana ingin hamil dan selama masa trimester pertama. Fungsi lain dari folat ialah dapat mencegah cacat lahir pada buah hati anda. Makanan yang mengandung folat bisa bunda dapatkan pada jenis kacang-kacangan, sayuran berwarna hijau, dan yang paling penting adalah susu khusus untuk kehamilan. Bahkan sekarang ini bunda bisa dapat dengan mudah menemukan susu khusus sebelum hamil dan sedang hamil yang kaya akan folat.

2.  Makanan yang kaya akan zat besi

Makanan yang kaya akan zat besi dapat membantu proses pembentukan sel darah merah selama proses kehamilan. Ada pun makanan yang kaya akan zat besi adalah daging merah, hati, dan sayuran yang berdaun hijau. Penyerapan zat besi juga dapat diimbangi dengan vitamin C yang cukup.

3. Makanan yang kaya akan kalsium

Seperti yang kita ketahui bahwa kalisum sangat penting untuk membentuk tulang yang kuat dan sehat. Bunda akan menjadi sumber kalsium untuk si kecil. Kalsium tersebut di dapatkan dari dalam tulang bunda. Maka dari itu Bunda di sarankan untuk mengkonsumsi kalsium yang cukup. Misalnya dengan mengkonsumsi yoghurt, keju, atau susu.

Nah, ke tiga kandungan makanan tersebut wajib Bunda konsumsi sebelum masa kehamilan atau sedang dalam proses masa kehamilan.

Oh ya bun, selama masa kehamilan bunda juga harus mengontrol berat badan bunda. Beberapa perempuan yang sedang hamil mengkhawatirkan berat badannya naik secara berlebihan.

Memang hal demikian sangat normal. Namun, jika dirasa sangat berlebihan, bunda bisa mengontrol berat badan dengan memperhatikan asupan kalori yang bunda konsumsi.

Kalori yang dibutuhkan sekitar 280 kilo kalori, artinya hanya sekitar tambahan satu piring porsi makanan yang sehat-seimbang. Dengan mengetahui hal ini, Bunda dapat mengatur asupan makanan sehingga tidak mendapatkan berat badan yang berlebihan. Bunda juga bisa mengatasinya dengan berolahraga, misalnya saja dengan berenang. Minum susu untuk ibu hamil yang mengandung kalori imbang juga dapat dikonsumsi oleh perempuan yang sedang mempersiapkan dan merencanakan kehamilan.

5 Makanan penyubur agar cepat hamil

Asupan gizi memang dirasa sangat penting untuk bunda yang sedang merencanakan kehamilan. Sebab, apa yang anda konsumsi sangat berpengaruh pada diri anda. Berikut ini adalah 5 makanan penyubur agar cepat hamil. Dan berikut ini adalah jenis makanan penyubur kandungan agar cepat hamil, antara lain:

  1. Daging Daging memang mengandung protein dan kandungan zat besi yang tinggi. Namun, bunda harus teliti untuk memilih daging sapi atau ayam yang rendah lemak. Selain itu, bunda juga tidak dianjurkan mengkonsumsi lebih dari tiga porsi setiap harinya. Karena mengkonsumsi protein hewani juga dapat mengurangi  kesuburan.
  2. Tumbuh Tumbuhan hijau Tumbuh-tumbuhan yang berprotein menjadi salah satu jenis makanan yang dapat menyuburkan kandungan. Bunda bisa mempersiapkan proses kehamilan dengan mengkonsumsi kedelai (atau olahan kedelai misalnya tempe atau tahu), kacang-kacangan (misalnya kacang polong, kacang tanah). Jenis makanan bertumbuhan hijau ini dirasa lebih rendah lemak dan kalori dibandingkan dengan daging hewani.
  3. Ikan-Ikanan Omega 3 sangat diperlukan untuk penyuburan kandungan. Zat tersebut dapat ditemukan pada jenis-jenis ikan seperti  tuna, salmon, sarde, ikan lele. Jika bunda khawatir akan bahaya merkuri pada ikan, bunda bisa membatasi konsumsinya tidak lebih dari 340 gram dalam seminggu. Atau bunda juga bisa menggantinya dengan makanan lain yang mengandung omega-3, misalnya kacang almond, kenari, dan telur yang diperkaya omega-3 atau DHA.
  4. Mengkonsumsi Produk Susu Untuk membantu kandungan anda subur, jika sudah siap untuk melakukan program hamil, maka bunda harus mengkonsumsi produk susu. Kini sudah hadir susu untuk membantu program sebelum hamil. Ada baiknya bunda memilih produk susu yang rendah lemak. Nah, jika kurang begitu suka dengan produk susu. Bunda juga bisa mengkonsumsi produk olahan susu seperti keju atau yoghurt. Jenis makanan itu pun diperkaya mampu meningkatkan kualitas kandungan bunda.
  5. Makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks Apa sih bedanya makanan yang mengandung karbohidrat dan karbohidrat kompleks? Bedanya adalah karbohidrat kompleks bisa bunda temukan pada sumber makanan misalnya saja beras merah atau roti tawar gandum bisa juga sereal biji-bijian utuh. Nah, menu makanan yang mengandung karbohidrat kompleks ini kaya akan vitamin B, antioksidan dan zat besi. Sebuah penelitian juga menjelaskan bahwa, jika terlalu banyak mengkonsumsi sumber makanan yang kaya akan karbohidrat olahan, dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulis. Bahkan, hal tersebut juga dapat mengganggu hormone reproduksi bunda.

Baca Juga : Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil Agar Tetap Sehat Sampai Melahirkan

Nah, selain perbanyak mengkonsumsi 5 makanan penyubur agar cepat hamil tersebut, bunda juga disarankan untuk mengkonsumsi vitamin khusus yang dapat membantu menyuburkan kandungan.

Tujuannya adalah untuk menutupi kekurangan nutrisi yang mungkin tidak bunda dapatkan dari sumber makanan penyubur kandungan itu. Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan, vitamin apa saja yang cocok untuk kandungan bunda.

Untuk hasil yang maksimal, bunda harus mengkonsumsi makanan penyubur kandungan tersebut selama 3 hingga 2 bulan, hal tersebut dapat membantu menyuburkan kandungan bunda.

Selama proses untuk menyuburkan kandungan, bunda harus menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh, kafein, makanan mentah, dan produk susu sapi yang belum melalui proses pasteurisasi.

Walaupun penjelasan tentang 5 makanan penyubur agar cepat hamil dapat membantu, Bunda harus ingat untuk menjaga pola makan bunda yang sehat.

Semoga Artikel ini sangat berguna bagi bunda dan sehat selalu ya bunda…. 🙂

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *