15 Solusi Ramuan Tradisional untuk Mengecilkan Perut Pasca Melahirkan

pasca melahirkan

Pasca melahirkan – Kehamilan menyebabkan bertambahnya berat badan ibu hamil yang bisa mencapai 13 kg dan membuat ukuran perut menjadi besar. Berat badan yang bertambah dikarenakan selain adanya janin dalam rahim, juga dengan banyaknya asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, setelah melahirkan, berat badan dan ukuran perut sudah berkurang setidaknya 5,4 kg. Jumlah tersebut suda termasuk dengan berat badan bayi, plasenta, serta banyaknya darah dan air ketuban yang keluar. Semua itu belum ditambah dengan jumlah cairan tubuh yang lain yang dibuang melalui urin dan keringat. Pada minggu pertama pasca melahirkan, sekiranya akan kehilangan cairan sebanyak 1,8 liter hingga 2,7 liter.

Memang sudah lebih dari separuh berat badan yang berkurang dari si ibu, namun masih saja ukuran dan berat badan tersebut masih mengganggu. Terlebih lagi tidak semua wanita yang sudah melahirkan mendapatkan kembali ukuran perut sebelum mereka hamil dan kebanyakan dari mereka mendapatkan perut mereka kembali dalam waktu yang cukup lama. Pastinya sangat ingin tahu mengenai cara mengecilkan perut pasca melahirkan, bukan? Bagaimana cara mengecilkan perut tersebut?

Baca Juga : Perlukah diet untuk ibu hamil ? Ini saran Dokter !

Baca Juga : Bunda Wajib Tahu, Inilah 7 Ciri Ciri Bunda akan Hamil Sebelum dan Sesudah Waktu Haid Selama 1 Minggu !

Cara Mengecilkan Perut Pasca Melahirkan Menggunakan Bahan Tradisional

Perut kecil dan kencang adalah dambaan setiap wanita pasca melahirkan ditambah lagi dengan jika berat badan mereka kembali sebelum mereka hamil. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi agar bisa mendapatkan kembali bentuk tubuh sebelum hamil, yaitu;

  1. Gen,
  2. Bentuk dan ukuran tubuh sebelum hamil,
  3. Berapa banyak berat badan naik selama masa kehamilan,
  4. Seberapa banyak bergerak atau berolahraga.

Jadi selama hamil, usahakan untuk terus bergerak atau setidaknya melakukan olahraga ringan secara teratur. Karena dengan melakukan hal tersebut, badan akan lebih mudah kembali seperti sebelumnya dan juga jika ini adalah kehamilan pertama Anda.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kembali bentuk tubuh dan perut Anda pasca melahirkan dengan ramuan tradisional, yaitu:

  1. Minuman Beras Kencur, Minuman ini rasanya enak dan nikmat, selain itu, berkhasiat untuk membantu mengencangkan perut, merawat kesehatan rahim dengan cara mencegah terjadinya infeksi.Bahan-bahan yang digunakan adalah 3 sdm beras yang sudah direndam selama tiga jam, 125 gr gula merah, 1 sdm asam jawa, 1 buah jeruk nipis, 3 gelas air yang digunakan untuk merebus, kencur, jahe, kunyit, daun pandan, dan garam secukupnya,
  1. Beras kencur dan madu, digunakan untuk membantu mengatasi perut yang kendor setelah melahirkan.Bahan-bahan yang akan digunakan adalah 2 sdm beras yang direndam selama tiga jam, 1 ruas kunyit, 1 ruas jahe, 10 buah kencur, 2 sdm madu dan 1 butir telur ayam kampung,
  1. Ramuan jahe merah ini ramuan yang digunakan tidak untuk diminum, tetapi harus langsung dioleskan ke perut untuk membantu memulihkan perut yang kendor. Dioleskan di daerah perut secara rutin pagi dan malam hari. Bahan-bahannya adalah 3 cm jahe merah yang diparut, 1 buah jeruk nipis yang diperas untuk di ambil airnya saja, 1 sdm VCO/ minyak zaitun.
  2. Ramuan getah pohon jarak dengan minyak kayu putih yang berbahan dengan getah pohon jarak, minyak kayu putih, air kapur sirih, air jeruk nipis dan daun pisang muda yang dikukus terlebih dahulu. Kemudian di campur semua bahan kecuali daun pisang dan balurkan merata ke perut lalu tutup dengan daun pisang. Balut daerah perut dengan stagen/korset. Lakukan  rutin pagi dan sore selama nifas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  3. Ramuan daun jati belanda dengan 20 helai dan 3 gelas air putih yang kemudian dipotong kecil-kecil sebelum direbus. Setelah itu tunggu hingga dingin kemudian disaring. Rebusan tersebut diminum 2-3 kali sehari dengan bisa ditambahkan dula di dalamnya,
  4. Ramuan dengan 2 jari kunyit, 2 jari kencur, 2 jari temu giring, 1 jari temu lawak, 10 butir bunga cengkih kering, jeruk nipis, 2 batang kayu manis, gula aren, dan madu. Semua ramuan, ditumbuk dan direbus lalu disaring dan ditambahkan dengan gula aren, madu, dan jeruk nipis. Diminum sehari seperempat gelas pada sore hari.
  5. Ramuan dengan 1 genggam penuh daun kemuning, 1 genggam penuh daun mengkudu, 1/2 jari kelingking temu giring, 1 cangkir air puti. Kemudian semua bahan ditumbuk dan diberi air sebelum disaring. Konsumsi ramuan tersebut pada pagi-pagi sekali sebelum sarapan.
  6. Ramuan jamu kunyit asam dengan 3 atau 4 ruas rimpang kunyit yang diparut kemudian ditambahkan dengan asam jawa, dan 3 gram gula jawa kemudia direbus dan disaring jika ramuan telah dingin dan siap diminum. Khasiatnya adalah mengembalikan kesehatan tubuh dan mengencangkan perut.
  7. Ramuan dengan rimpang bangle, tepung beras, pulo sari, jahe, asam jawa, dan cinnamon. Campurkan semua bahan dan balurkan ke bagian perut dan punggung. Ramuan ini membantu wanita merasa nyaman dan merampingkan perut.
  8. Ramuan ini sangat mudah ditemukan, yaitu 2 hingga 3 kulit pisang yang dikukus yang telah dikucuri dengan air perasan jeruk nipis dan minyak kayu putih selama 20 menit. Lalu lumatkan kulit pisang tersebut dan tempelkan pada perut wanita yang setelah melahirkan. Ramuan ini memiliki khasiat menghangatkan perut dan membuat perut menjadi lebih ramping alami.
  9. Ramuan dengan kayu manis 2 hingga 3 inchi yang direbus dengan 2 liter air bersamaan dengan cengkeh 2 hingga 3 buah selama 5 hingga 10 menit. Minum air rebusan tadi pada suhu suam-suam kuku selama 40 hari. Bisa juga ditambahkan dengan madu. Khasiatnya adalah mengatasi lemak pada perut.
  10. Ramuan dengan perpaduan jeruk nipis dan teh pahit yang sebelumnya sediakan teh pahit yang masih hangat sebelum ditambahkan dengan jeruk nipis. Ramuan ini berkhasiat untuk mengecilkan perut buncit.
  11. Ramuan dengan kunyit 5 rimpang, 7 lembar daun sirih, 3 sendok teh madu, 2 sendok teh jintan hitam, dan 2 gelas air. Potong kecil-kecil semua dan rebus hingga mendidih, saring dan kemudian minum airnya hingga habis. Lakukan secara rutin guna mendapatkan tubuh yang langsing dan perut tidak buncit.
  12. Ramuan dengan jahe yang hanya direbus dengan air, atau biasanya disebut dengan wedang jahe. Biasanya wedang jahe ini diminum karena perut kembung, namun selain itu juga bisa untuk mengecilkan perut.
  13. Ramuan dengan kencur dan bongol anak pisang, Bongol pisang yang diparut dan diperas sarinya, setelah itu dicampurkan dengan kencur, ketan hitam dan juga garam yang sebelumnya sudah ditumbuk halus. Rebus dan saring. Minum ramuan ini pada siang dan sore hari.

Demikian penjelasan mengenai 15 solusi ramuan tradisional untuk mengecilkan perut pasca melahirkan.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *