6 Aneka Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil ! Bumil Wajib Baca !

Menu makanan sehat untuk bumil

Kehamilan adalah sebuah anugerah bagi seorang Ibu yang luar biasa. Sembari menanti kelahiran buah hati ada beberapa hal penting yang perlu Bunda perhatikan, yakni menu makanan sehat untuk ibu hamil. Bunda harus tahu apa saja menu makanan sehat yang wajib di konsumsi oleh ibu hamil. Karena nutrisi dari buah hati berasal dari makanan yang Bunda konsumsi.

Selama masa kehamilan tentu hampir setiap hari Bunda akan mengalami rasa mual bahkan muntah bukan?

Biasanya hal tersebut terjadi pada 3 bulan pertama.

Walaupun demikian Bunda harus tetap menjaga dan mengatur gizi makanan sehari-hari. Jangan sampai karena rasa mual dan muntah Bunda tidak mengkonsumsi makanan sehat ya.

Usia muda 1-3 bulan masa kehamilan itu sangat penting untuk diperhatikan makanan apa saja yang bunda konsumsi. Karena pada usia tersebut janin baru mulai masa pertumbuhan dan membutuhkan nutrisi vitamin yang bagus dari makanan yang dikonsumsi oleh Bunda.

Maka dari itu sangat disarankan Bunda mengkonsumsi makanan yang kaya akan gizi untuk kesehatan Bunda dan masa pertumbuhan bayi dalam kandungan. Untuk itu patahkan pernyataan jika kondisi Ibu hamil yang gemuk akan melahirkan bayi gemuk juga itu salah. Namun, yang paling penting adalah gizi yang dibentuk untuk kesehatan bayi terpenuhi selama dalam kandungan.

Menu Makanan Sehat Ibu Hamil Usia Muda

Nah, lalu bagaimana sih agar adik bayi dalam kandungan mendapatkan asupan gizi yang pas…

Berikut ini kita akan bahas tentang menu makanan sehat ibu hamil yang masih berusia muda. Biasanya usia kehamilan baru diketahui pada usia 4 minggu. Pada masa itu janin masih berupa embrio.

Namun, di usia tersebut Bunda harus pandai-pandai memilih menu makanan yang kaya akan gizi untuk calon buah hati anda. Menu makanan sehat yang disarankan untuk usia kandungan muda ialah yang kaya akan folid acid.

. Kandungan folid acid dapat membantu untuk mempersiapkan rahim. Folid acid bisa Bunda temukan pada menu makanan sayur-sayuran seperti brokoli, kembang kol, kol, wortel, jagung, kacang kedelai, jeruk. Juga pada buah-buahan jambu klutuk, alpukat, dan sereal berbahan gandum atau pun jagung.

Tips Memenuhi Menu Makanan Sehat Ibu Hamil

Sebisa mungkin saat usia kandungan Bunda masih terbilang muda, Bunda harus mengkonsumsi menu makanan 4 sehat 5 sempurna setiap hari. Di bawah ini ada sedikit tips yang Bunda bisa terapkan untuk kebutuhan menu makanan sehat saat hamil, di antaranya:

  1. Memilih porsi sayuran dan buah-buahan yang lebih banyak dibandingkan menu makanan yang kaya akan karbohidrat.
  2. Jika bunda sering mual dan munta, Bunda bisa makan dalam porsi kecil saja namun dengan durasi lebih sering.
  3. Durasi makan yang bisa Bunda lakukan yakni sebanyak 5 kali, yaitu sarapan, makan siang, makan malam, serta bisa diselipkan waktu untuk nyemil di antara 3 kali makan utama tersebut.
  4. Bunda bisa mengkonsumsi menu 4 sehat 5 sempurna itu tidak harus sekali makan. Jadi, Bunda bisa mengkonsumsi makanan tersebut secara selang-seling. Missal, saat sarapan hanya makan susu dan roti saja. Maka sayuran dan buah-buahan bisa di makan saat siang atau sore hari.
  5. Perlu bunda ingat selama masa kehamilan, Bunda harus mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari. Minuman sehat lainnya yang bisa bunda konsumsi bisa jus buah dan susu. Sama seperti makanan, Bunda bisa mengkonsumsinya dengan porsi kecil namun sering.

Selama Hamil jangan lewatkan untuk Sarapan ya Bun…

Bukan hanya orang yang sedang hamil saja tidak boleh melewatkan sarapan. Karena sarapan itu memang sangat penting. Terutama untuk ibu hamil, aktivitas sarapan itu sangat penting. Jika Bunda tidak nafsu makan, ada beberapa tips penting yang bisa Bunda coba untuk membuat menu sarapan yang baik untuk ibu hamil.

Misalnya saja dengan nasi putih atau nasi merah bisa Bunda padukan dengan lauk tempe atau tahu goreng, kemudian juga tumisan sayuran misalnya kacang panjang atau brokoli.

Jika Bunda masih terasa mual mengkonsumsi menu yang berat, Bunda bisa menggantinya dengan sandwich. Misalnya roti tawar, keju, selada, ikan tuna, dan jangan lupa juga mengkonsumsi susu ya Bun.

Susu itu penting karena kandungan kalsiumnya sangat baik untuk Bunda dan Janin. Kemudian di waktu makan siang, Bunda juga harus mengkonsumsi makanan yang bergizi lagi. Kalau bisa harus lebih lengkap dibandingkan menu sarapan.

Nah, untuk makan siang, Bunda dapat lebih memvariasikan menu agar asupan gizinya terpenuhi. Misalnya dengan mengkonsumsi nasi putih atau merah, sayur lodeh, sup, ikan atau ayam goreng, air putih(wajib yang banyak ya bun), serta aneka jus buah. Mengkonsumsi buah di siang hari lebih enak jika disajikan sebagai jus atau smoothies agar lebih mudah dicerna.

Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Kaya akan Gizi

Selama hamil, bunda sangat di sarankan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gizi yang baik. Semata-mata untuk pertumbuhan bayi dan kesehatan bunda selama mengandung. Berikut ini menu makanan sehat yang kaya akan gizi dan cocok dikonsumsi oleh ibu hamil, antara lain:

#1 Salmon

Kandungan omega 3 pada ikan salmon dapat membantu perkembangan daya tangkap otak anak sejak di dalam kandungan. Bunda bisa mengolahnya dengan cara merebus. Saat memasak salmon, disarankan untuk tidak menggunakan tambahan MSG atau bahan kimia lainnya ya bun.

#2 Telur 

Bahan makanan yang satu ini bisa Bunda olah dengan berbagai cara bukan. Manfaat dari telur untuk ibu hamil pun sangatn banyak. Selain mengandung vitamin, telur ayam juga mengandung choline yang fungsinya juga sama dengan omega 3 pada salmon yakni membantu perkembangan otak  buah hati anda.

#3 Susu

Susu mengandung aneka macam vitamin, salah satunya adalah vitamin B, magnesium, dan zat besi. Manfaat mengkonsumsi susu untuk membantu tulang bayi dan ibu tetap terjaga dan kuat. Dan masih banyak lagi manfaat susu lainnya.

#4 Minyak Ikan

Sekarang ini bunda bisa dapat dengan mudah mendapatkan olahan minyak ikan, seperti dalam bentuk kapsul. Banyak manfaat minyak ikan misalnya untuk proses perkembangan pengelihatan bayi.

#5 Sayuran Hijau (misalnya Bayam, Brokoli)

Sayuran yang bewarna hijau mengandung antioksidan, vitamin A, kalsium, potassium dan juga serat tinggi. Manfaatnya dapat membantu perkembangan janin agar tetap selalu sehat, sekaligus memberikan gizi untuk Bunda sendiri.

#6 Buah Alpukat

Meskipun alpukat mengandung banyak lemak, namun kandungannya bukanlah lemak jenuh. Bahkan, alpukat juga banyak menyimpan vitamin K, vitamin E dan juga B lho Bun. Jadi, sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Jadi itulah beberapa menu makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa Bunda coba konsumsi untuk mendapatkan asupan gizi yang baik bagi kesehatan Bunda dan buah hati nanti.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *