Bunda Wajib Baca, Ini Penjelasan Dokter Tentang Tahap Perkembangan Janin Bunda!

Tahap Perkembangan Janin – Masa kehamilan merupakan masa-masa yang paling membahagiakan untuk semua bunda. Bunda pasti tidak akan sabar menanti kehadiran buah hati serta selalu menjaga dan melakukan yang terbaik untuk memaksimalkan perkembangan janin. Tidak hanya itu, bunda pasti sudah mempersiapkan kelahiran sang buah hati ke dunia.

Bunda tidak hanya mempersiapkan kelahiran sang buah hati, namun juga harus mengetahui tumbuh kembang si buah hati dalam kandungan. Sehingga setiap melakukan check up untuk setiap bulan, tidak pernah melewatkannya, bahkan bunda tidak segan-segan meminta hasil USG ke dokter untuk mengetahui perkembangan sang buah hati di dalam kandungan.

Perkembangan janin pada usia 6 minggu, apa saja tanda-tandanya?

Saat usia kehamilan menginjak minggu ke 6, diperkirakan ukuran calon buah hati anda sudah mencapai 3 mm dan lebih kurang besarnya sekitar biji padi yang kecil. Perkembangannya akan terus berkembang dan berlanjut sampai tubuh Janin mulai terbentuk sempurna dengan organ-organ tubuh lainnya. Pada usia hamil 6 minggu itu jantung janin pun sudah mulai berdetak.

Baca Juga : Ini lho Bun, Tahap Perkembangan Bayi 0-6 Bulan, Bunda Hamil Wajib Baca !

Pada usia ini jika bunda perhatikan ukuran kepala janin lebih besar di bandingkan dengan ukuran tubuhnya. Bahkan pada bagan wajahnya muncul titik hitam yang mana nantinya akan menjadi mata. Pada usia ini juga janin sudah memiliki lekukan pada bagian-bagain tubuhnya. Dimana nanti akan tumbuh lubang hidung dan telinga.

  1. Embrio sudah mulai terbentuk. Bentuknya menyerupai bulan sabit dan memiliki ekor. Kulitnya pun tipis dan tembus pandang. Jika bunda bisa menyaksikan, betapa rapuhnya janin tersebut karena bentuknya yang transparan dan rentan. Maka sangat dianjurkan bunda berhati-hati pada usia ke hamilan muda, karena rentan terjadi keguguran.
  2. Pada usia hamil 6 minggu, janin memiliki bagian ujung tuba neural dimana yang akan menjadi cikal bakal perkembangan otak janin. Bahkan pada usia ini detak jantung janin pun sudah dapat terdeteksi.
  3. Pada usia kehamilan ini pun bagian kaki dan lengan sudah mulai tampak.
  4. Bukan hanya itu juga, pada usia kehamilan 6 minggu itu sistem organ tubuh janin yang lain juga sudah mulai terbentuk. Misalnya saja pada bagian ginjal, jantung, hati, dan paru-paru. Kelenjar pitutiari hormone pada janin pun sudah terbentuk.
  5. Sayangnya, pada usia hamil 6 minggu ini bagian perut bunda belum begitu menonjol, karena rahim masih dalam ukuran yang kecil.

Perkembangan Janin Setiap Trimesternya

Untuk bunda yang pertama kali hamil, pastinya belum begitu mengetahui tentang bagaimana janin berkembang serta tahap kembangnya. Ada pula sebutan untuk para dokter kandungan mengenai usia kehamilan.

Bunda juga harus mengetahui pertumbuhan sang buah hati ditiap trisemesternya. Berikut adalah tahapan tumbuh kembang janin untuk setiap trisemesternya, antara lain;

Trisemester Pertama

Pada bulan pertama dalam masa kehamilan, terjadilah pembentukan kantung ketuban sebagai tempat bertumbuhnya embrio, serta plasenta juga terbentuk di bulan pertama pada kehamilan, yang berfunsgi sebagai penyalur nutrisi dan makanan yang berasal dari bunda ke bayinya. Selain itu juga, pada bulan pertama ini juga sudah terbentuk sirkulasi darah dalam tubuh janin meski ukuran embrio masih 6 hingga 7 mm. Fisik janin juga mulai terbentuk dengan ditandai kemunculan area menyerupai lingkaran hitam di wajah yang nantinya berkembang menjadi mata. Perkembangan fisik lainnya adalah meliputi bagian rahang bawah dan mulut, tenggorokan yang tumbuuh pada bagian dalam.

Pada bulan kedua, tulang pada janin sudah mulai terbentuk. Sistem jaringan saraf pusat juga sudah terbentuk, yaitu berupa otak, saraf tulang belakang, serta jaringan saraf tepi. Untuk minggu kelima, jantung sudah muali terbentuk bersamaan dengan sistem peredaran darah. Lalu, di kedua sis kepala membentuk lipatan kecil yang sebagai cikal bakal terbentuknya telinga dan juga wajah pun akan terus berkembang. Kemudian, mulai terbentuk awal pertumbuhan tangan dan kaki. Pada bulan ini, janin mulai bisa berpindah meskipun bunda masih belum bisa merasakannya. Ukuran embrio pada akhir bulan kedua ini berkisar 2.5 cm dengan berat 9.5 gram dengan ukuran kepala sepertiga dari ukuran seluruh tubuh.

Pada akhir dari trisemester pertama, perkembangan janin dalam kandungan sudah terbentuk dengan lebih sempurna dan sudah memiliki wajah serta organ gerak. Panjang janin untuk usia kandungan ini mencapai 7.6 hingga 10 cm dengan berat sekitar 28 gram.

Trisemester Kedua

Pada bulan keempat, bagian-bagian tubuh seperti tangan, kaki, jari, wajah sudah dapat dilihat dengan jelas. Oleh karena itu pada usia kandungan ini sebaiknya dilakukan pemeriksaan USG. Pada saat pemeriksaan USG, dapat mendengarkan suara detak jantung dengan menggunakan alat khusus. Gerakan janin semakin aktif dan bisa menguap, menghisap jari serta mengubah ekspresi wajah. Pada bagian kepala sudah mulai tampak pola rambut. Pada usia kandungan ini panjang janin mencapai 85 mm dengan berat 40 gram.

Untuk bulan kelima, rambut mulai tumbuh di kepala janin dan kulitnya dilapisi dengan selaput lemak bernama vernix caseosa yang melindungi tubuhnya dari cairan ketuban secara langsung saat kelak ia akan dilahirkan yang secara otomatis akan lepas secara sendirinya. Otot janin juga sudah berkembang dan mulai bisa bergerak untuk melatih otot. Punggung dan bahu janin juga ditimbuhi dengan rambut-rambut halus yang akan hilang menjelang minggu kedua setelah bayi lahir. Panjang janin pada usia kandungan ini mencapai 160 mm.

Bulan keenam, kelopak mata janin sudah jelas dan mata sudah bisa terbuka. Pembuluh darah masih bisa terlihat karena kulit sangat tipis terutama di daerah perut. Pembuluh vena juga tampak melalui kulit janin dengan tekstur tipis dan berkeriput dengan warna kemerahan. Jari tangan dan kaki janin juga sudah mulai tampak jelas. Janin sudah bisa mendengarkan suara-suara dari luar perut. Oleh karena itu, bunda disarankan untuk memperdengarkan musik klasik pada janin menggunakan earphone untuk merangsang kecerdasan janin. Panjang janin pada usia kandungan ini mencapai 190 mm dengan berat 460 gram.

Trisemester Ketiga

Pada usia kandungan tujuh bulan, janin sudah dapat menanggapi cahaya, merasakan sakit, mendengarkan suara serta mengubah posisi tubuh. Pertumbuhan janin akan semakin pesat, tubuhnya semakin besar. Janin juga sudah mulai menyimpan lemak. Panjang janin mencapai 36 cm dengan berat sekitar 900 hingga 1800 gram.

Pada usia kandungan delapan bulan, tumbuh kembang janin semakin pesat. Di tahap ini juga, otak janin sedang berkembang secara optimal, begitu juga dengan sistem internalnya. Bunda juga akan semakin banyak merasakan tendangan dan gerakan di dalam perut. Hampir semua organ sudah berfungsi kecuali paru-paru. Panjang janin untuk usia kandungan ini adalah 46 cm dengan berat 2.27 kg.

Pada usia kandungan trisemester akhir, tubuh janin baik bagian luar dan dalamnya sudah lebih sempurna. Mata dan telinga sudah berfungsi sebagaimana semestinya. Janin pun juga sudah lebih peka terhadap ransangan berupa sentuhan dan cahaya dengan sudah dapat mengerjapkan mata, menggerakkan kepala dan posisinya sudah mulai berubah untuk persiapan kelahiran dengan posisi kepala menghadap jalan lahir dan tubuh menempati bagian bawah panggul bunda. Pada bagian paru-paru sudah hampir berkembang dengan sempurna. Panjang janin pada usia ini mencapai 46 hingga 51 cm dengan berat 2.5 hingga 3.2 kg.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *