Pertanyaan : Bagaimana Mengetahui Perkembangan Janin pada Usia Hamil 6 Minggu ?

usia hamil 6 minggu

Usia hamil 6 minggu – bagaimana sih perkembangan janin pada usia kehamilan 6 minggu? Adakah tanda-tanda yang menunjukkan kalau kita sedang hamil 6 minggu?  Dan bagaimana cara mengetahui perkembangan janin pada usia hamil 6 minggu? Artikel berikut ini akan membahas secara signifikan bagaimana mengetahui perkembangan janin pada usia hamil 6 minggu.

Saat usia kehamilan menginjak minggu ke 6, diperkirakan ukuran calon buah hati anda sudah mencapai 3 mm dan lebih kurang besarnya sekitar biji padi yang kecil. Perkembangannya akan terus berkembang dan berlanjut sampai tubuh Janin mulai terbentuk sempurna dengan organ-organ tubuh lainnya.

Pada usia hamil 6 minggu itu jantung janin pun sudah mulai berdetak. Pada usia ini jika bunda perhatikan ukuran kepala janin lebih besar di bandingkan dengan ukuran tubuhnya. Bahkan pada bagan wajahnya muncul titik hitam yang mana nantinya akan menjadi mata. Pada usia ini juga janin sudah memiliki lekukan pada bagian-bagain tubuhnya. Dimana nanti akan tumbuh lubang hidung dan telinga.

Pada usia hamil 6 minggu ini, bunda akan melihat bagaimana pertumbuhan janin bunda yang benar-benar begitu cepat dan luar biasa. Untuk lebih detailnya berikut ini kita akan jawab Pertanyaan : Bagaimana mengetahui perkembangan janin pada usia hamil 6 minggu ?

Perkembangan Janin pada Usia Hamil 6 Minggu

Ada pun tanda-tanda yang perlu bunda ketahui saat perkembangan janin bunda menginjak pada usia hamil 6 minggu adalah:

  1. Embrio sudah mulai terbentuk. Bentuknya menyerupai bulan sabit dan memiliki ekor. Kulitnya pun tipis dan tembus pandang. Jika bunda bisa menyaksikan, betapa rapuhnya janin tersebut karena bentuknya yang transparan dan rentan. Maka sangat dianjurkan bunda berhati-hati pada usia ke hamilan muda, karena rentan terjadi keguguran.
  2. Pada usia hamil 6 minggu, janin memiliki bagian ujung tuba neural dimana yang akan menjadi cikal bakal perkembangan otak janin. Bahkan pada usia ini detak jantung janin pun sudah dapat terdeteksi.
  3. Pada usia kehamilan ini pun bagian kaki dan lengan sudah mulai tampak.
  4. Bukan hanya itu juga, pada usia kehamilan 6 minggu itu sistem organ tubuh janin yang lain juga sudah mulai terbentuk. Misalnya saja pada bagian ginjal, jantung, hati, dan paru-paru. Kelenjar pitutiari hormone pada janin pun sudah terbentuk.
  5. Sayangnya, pada usia hamil 6 minggu ini bagian perut bunda belum begitu menonjol, karena rahim masih dalam ukuran yang kecil.

Itu lah Perkembangan Janin pada Usia Hamil 6 Minggu. Juga ada beberapa perubahan lainnya yang dapat dirasakan oleh beberapa perempuan yang sedang hamil usia 6 minggu. Namun, juga tidak banyak dirasakan secara signifikan oleh perempuan lainnya.

Jika, bunda merasakan terjadi perubahan yang lebih eksplisit, bunda bisa mengkonsultasikan dengan dokter kandungan.

Jika tadi kita sudah bahas tentang Perkembangan Janin pada Usia Hamil 6 Minggu, maka selanjutnya kita akan bahas tentang bagaimana sih perubahan yang di alami Bunda saat kandungan memasuki usia 6 minggu. Simak pembahasannya di bawah ini:

  1. Salah satu hal utama yang menjadi perubahan saat bunda hamil usia 6 minggu ialah perubahan hormone. Adanya peningkatan hormone, di antaranya hormone estrogen, progesterone, dan HCG atau hormone kehamilan, serta HPL atau hormone yang memacu pertumbuhan janin dalam rahim bunda.
  2. Munculnya perkembangan hormone-hormone itu memacu kondisi bunda mengalami reaksi yang berbeda. Misalnya secara fisik bahkan secara emosional. Pada usia seperti ini bunda relative akan sensitive pada beberapa hal. Jika dilihat hampir sama dengan masa pramenstruasi ya?
  3. Nah, pada usia ke hamilan minggu ke 6 ini, tanda-tand ayang sering muncul pada ibu hamil adalah mual dan muntah-muntah di pagi hari atau yang sering dikenal dengan istilah morning sickness.
  4. Beberapa wanita hamil juga mengalami vlek atau pendarahan ringan pada area kewanitaan. Biasanya terjadi pada mingu ke 12. Jika bunda mengalami pendarahan yang cukup serius bunda bisa memeriksakan pada dokter.
  5. Perubahan yang lebih signifikan lainnya adalah perubahan ukuran payudaran yang lebih membesar dan berisi juga menjadi salah satu perubahan yang paling umum. Pada masa kehamilan, payudara pun akan terasa lebih lembut dan halus. Kondisi ini tentu akan lebih terasa bila anda mengamati perubahan ini lebih teliti. Terjadinya pembesaran atau perubahan pada payudara tersebut dikarenakan untuk persiapan ASI saat bunda menyusui. Perubahan kondisi fisik tersebut terjadi selama masa kehamilan untuk mengimbangi perkembangan janin yang ada di dalam rahim bunda.

Baca Juga : Bagaimana Cara Menjaga Kehamilan agar Tidak Keguguran Ketika Mendekati Hari Kelahiran?

Mengetahui Kesehatan Prakelahiran saat Hamil Usia 6 Minggu

Usia kehamilan yang memasuki minggu ke 6 memang sangat rentan sekali. Untuk itu disarankan bunda melakukan pemeriksaan pertama. Sehingga, bunda bisa mengetahui apa dan bagaimana yang mesti bunda butuhkan saat sedang mengandung pada usia kehamilan 6 minggu. Pemeriksaan kandungan biasa di kenalkan dengan istilah prakelahiran.

Pemeriksaan prakelahiran memang sangat dibutuhkan pada usia kandungan muda, salah satunya pada usia 6 minggu. Bunda bisa melakukan pemeriksaan pada dokter kandungan atau pun bidan yang sudah bunda percaya. Di bawah ini adalah daftar periksa kunjungan prakelahiran yang akan dapat membantu bunda untuk mempersiapkan kelahiran nantinya.

Prakelahiran Pertama Pada pemeriksaan pertama dokter atau bidan akan mengani chec up kehamilan. Bunda akan diberi pertanyaan seputar:

  1. Riwayat medis Bunda misalnya seputar status gizi bunda selama masa periode kehamilan. Adakah alat kontrasepsi yang sedang bunda gunakan. Kondisi kesahatan bunda juga akan dicek. Bunda juga harus ingat jika bunda memiliki alergi pada makanan atau obat-obatan. Bunda juga akan disarankan olahraga yang cocok untuk Bunda selama masa kehamilan.
  2. Jangan ragu juga untuk berkonsultasi tanggal persalinan. Walaupun masih lama, tanggal persalinan dapat membantu untuk memonitor perkembangan dan pertumbuhan si kecil ya Bun.
  3. Bunda juga akan melakukan serangkaian pemeriksaan dasar seperti, tes urin dan darah, tekanan darah, berat badan, dan denyut jantung.
  4. Dan sekarang ini dokter atau bidan akan lebih detail melakukan pemeriksaan dengan mengkur panggul dan melakukan pap test yakni test yang bertujuan untuk mendeteksi keberadaan kanker yang ada pada bagian leher rahim. Tes tersebut sangat bermanfaat ya bun, khususnya untuk menjaga keselamatan ibu dan janin yang dikandung agar terbebas dari ancaman kelahiran yang beresiko karena adanya gangguan seperti kanker atau tumor.

Nah, itulah beberapa hal tentang Bagaimana mengetahui perkembangan janin pada usia hamil 6 minggu, serta bagaimana Mengetahui Kesehatan Prakelahiran saat Hamil Usia 6 Minggu.

Bunda juga harus memperhatikan hal-hal penting lainnya yang berhubungan dengan perkembangan dan pertumbuhan sang buah hati. Lakukanlah jadwal konsultasi dan pemeriksaan secara rutin. Sehingga, bunda dapat memonitoring kondisi si kecil hingga jadwal persalinan tiba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *