11 Vitamin Untuk Ibu Hamil Agar Tidak Mual Dan Muntah

11 Vitamin untuk ibu hamil

Vitamin untuk ibu hamil – Ibu hamil identik dengan mual dan muntah karena terjadi perubahan fisik serta sistem imun tubuh ibu hamil. Sebutan untuk mual dan muntah pada ibu hamil adalah Nausea and Vomiting in Pregnancy (NVP). Gejala ini sangat lumrah dialami oleh ibu hamil pada awal trisemester sangatlah rentan terjadi. Namun, ada pula ibu hamil yang mengalami mual dan muntah sepanjang kehamilannya.

Banyak cara untuk mengatasi mual dan muntah selama masa kehamilan, mulai yang dari mengonsumsi jenis pilihan makanan yang tepat, menghindari bau-bauan yang menyebabkan ibu hamil mual, serta masih banyak lagi.

Tetapi, beberapa hasil studi menunjukkan bahwa asupan gizi tertentu juga dapat mengurangi rasa mual dan muntah pada ibu hamil. Berikut adalah sepuluh vitamin yang dikonsumsi ibu hamil agar tidak mual dan muntah, antara lain;

  1. Vitamin B6 efektif untuk mengurangi mual dan muntah. Kebutuhan vitamin untuk ibu hamil meningkat sebanyak 0.4 mg setiap harinya. Asupan vitamin B6 dicukupi oleh ibu hamil sejak awal kehamilan agar dapat dirasakan manfaatnya secara maksimal mencegah mual dan muntah.
  2. Banyak-banyak mengonsumsi vitamin C yang terkandung dalam buah dapat mencegah mual dan muntah jika dikonsumsi secara teratur. Vitamin C dalam buah bermanfaat untuk menetralisir rasa mual. Buah yang terlalu asam tidak dianjurkan bagi ibu hamil yang menderita asam lambung.
  3. Vitamin E juga termasuk ke dalam salah vitamin yang mencegah mual dan muntah. Vitamin E yang terkandung di dalam teh daun raspberry ini dapat mengembalikan nafsu makan ibu hamil agar berat janin juga bertambah. Selain itu juga membuat otot persalinan menjadi lebih kuat serta beberapa peneliti menemukan jika mengonsumsi daun raspberry, dapat meningkatkan stimulasi ASI dan mencegah keguguran.
  4. Asam Folat kebutuhan vitamin seperti asam folat memang sangat dan hukumnya wajib dibutuhkan oleh ibu hamil. Maka, tak heran jika para bunda yang sedang menjalani proses kehamilan, lebih selektif lagi memilih sumber makanan yang mengandung asam folat. Kandungan vitamin asam folat sangat berpengaruh untuk perkembangan saraf janin. Makanan yang mengandung asam folat biasanya ada pada sayuran hijau, beras merah, kacang-kacangan, dan buah-buahan terutama buah jeruk. Oh, ya bun ternyata kandungan vitamin asam folat juga dapat meredahkan mual dan muntah. Memang mual dan muntah tidak dapat dihindari dari masa kehamilan. Namun, untuk meminimalisirnya, bunda bisa mengkonsumsi makanan-makanan atau minuman yang kaya akan asam folat.
  5. Vitamin D, Janin yang ada dalam kandungan bunda sangat membutuhkan vitamin D. semenjak janin di dalam kandungan, bunda sangat membutuhkan asupan vitamin D. vitamin ini sangat membantu pertumbuhan tulang buah  hati anda. Maka pastikan asupan kebutuhan vitamin D dari makanan sehari-hari bunda tercukupi. Minimal sekitar 10 mg vitamin D. bunda, bisa mendapatkan itu dari sumber makanan yakni ikan salmon, sarden, daging, dan telur. Atau aktivitas berjemur di bawah sinar matahari pagi dan sore.
  6. Vitamin yang mengandung kalsium berfungsi untuk perkembangan buah hati hampir sama dengan vitamin D. kalsium bekerjasama dengan vitamin D untuk membentuk tulang yang kuat sejak dalam kandungan. Setiap harinya bunda harus lebih banyak lagi mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung kalsium. Lebih kurang sekitar 200-300 mg kalsium untuk tulang yang kuat. Dengan mengkonsumsi kalsium maka dapat membentuk tulang yang padat dan kuat. Bunda bisa memeroleh asupan kalsium dari sumber makanan seperti, tempe, tahu, susu kedelai, kacang-kacangan, dan kacang merah tentunya.
  7. Vitamin yang mengandung zat besi, zat besi memang sangat penting di butuhkan. Karena ia merupakan komponen penting dalam darah yang dapat mengikat hemoglobin dan berguna untuk mengalirkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Buah hati anda dalam kandungan tentunya sangat membutuhjan asupan zat besi tersebut untuk membangun jaringan-jaringan baru dan juga membutuhkan oksigen. Perlu diingat ya bun, jika janin dalam kandungan  kekurangan oksigen, maka sangat rentan sekali terjadi keguguran. Atau bisa juga mengalami sistem imunitas yang kurang sempurna.
  8. Vitamin B12, jenis vitamin lainnya yaitu dengan mengkonsumsi vitamin B12. Bunda bisa mengkonsumsi vitamin B12 dengan dosis 2,6 mg per hari. Hal ini di maksudkan untuk mengurangi risiko buah hati anda lagir premature. Bunda bisa mendapatkan sumber vitamin B12 yang paling baik adalah dari susu kedelai.
  9. Vitamin yang mengandung  yodium, Yodium juga membantu mengurangi risiko keguguran pada ibu yang sedang hamil. Menurut penelitian kekurangan yodium dapat menyebabkan kandungan lemah juga membuat pertumbuhan dan perkembangan bayi berjalan tidak maksimal. Bayi yang kekurangan yodium juga sangat berisiko terkena penyakit gondok, juga terhambat perkembangan otaknya. Beberapa makanan yang mengandung yodium dalam kadar cukup dan aman bagi ibu hamil antara lain seafood, kentang, stroberi, dan keju.
  10. Vitamin E, Memang jarang sekali ibu hamil mengalami defisiensi vitamin E, namun asupannya tetap perlu diperhatikan ya bun, karena vitamin E sangat bermanfaat untuk pertumbuhan sel dan jaringan janin dalam kandungan. Vitamin E sangat banyak dikandung makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari, seperti margarin, shortening, salad dressing, minyak biji-bijian, sayuran, dan sebagainya.
  11. Vitamin yang mengandung seng, Mineral seng juga sangat diperlukan bunda selama proses kehamilan, karena untuk membentuk massa tulang selubung saraf tulang belakang. Jika bayi dalam kandungan kekurangan seng, maka akibatnya dapat lahir secara abnormal juga berat badan bayi yang rendah. Untuk mengonsumsi seng, konsumsi makanan seperti kerang dan daging sehingga mencukupi kebutuhan seng harian sebanyak 20 mg per hari.

 

Nah, itulah sedikit penjelasan vitamin-vitamin apa saja yang wajib dikonsumsi oleh bunda selama dalam masa kandungan. Sangat disarankan bunda banyak mencari informasi tentang jenis-jenis vitamin yang dapat memberikan nutrisi tambahan untuk calon buah hati dalam kandungan.

Baca Juga : Kurangnya Pengetahuan, Inilah Akibat Ibu Hamil Kurang Gizi yang Berakibat Pada Kesehatan Janin !

Diharapkan buah hati lahir dengan kondisi yang sehat dan memiliki perkembangan yang bagus. Jangan khawatir bun, sebab ada banyak sumber makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin yang bagus untuk kesehatan bunda dan calon buah hati.

Juga perlu diingat ya bun, apa yang dikonsumsi bunda, juga itu yang dikonsumsi oleh buah hati di dalam kandungan. Oleh sebab itu, sangat disarankan bunda mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat dan mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan bunda dan calon buah hati. Dengan begitu bunda juga tidak akan kesusahan menjalani proses persalinan.

Nah, bun sangat ingin bukan melakukan proses persalinan yang lancar?

Maka, mulai sekarang bunda bisa mencoba mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin dan nutrisi penunjang lainnya yang bisa membuat perkembangan janin calon buah hati, dan kesehatan bunda selama masa kehamilan tidak mengalami gangguan kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *